FAQ Sovia Jewelry

1. PERTANYAAN UMUM

T: Apakah toko ini hanya melayani pembelian cincin pernikahan secara online?

J: Kami melayani baik order online maupun offline. Outlet kami ada di Jogja, Jakarta dan Surabaya dan Semarang. Silahkan kunjungi langsung atau bisa juga order via online.

  • Store Jogja                   : Jalan Kebun Raya No.3B Rejowinangun Kotagede Yogyakarta
  • Store Jakarta               : Komplek Ciledug Indah 2, Jalan Ciledug Indah Raya 2, Ciledug, Tangerang
  • Store Surabaya            : Jalan Citra Raya Lakarsantri no. 8, Surabaya Barat, Jawa Timur
  • Store Semarang            : Jalan Sedayu Melati cluster no. 4 rt. 005 rw. 001, kel. Bangetayu Kulon, kec, Genuk, Semarang, Jawa Tengah.

T: Apa saja material dasar cincin pernikahan yang bisa digunakan?

J: Kami menyediakan material dasar dari bahan: Silver (perak), Palladium, Emas dan Platina/ Platinum.

 

T: Apa keempat material dasar tadi dapat membuat jari alergi atau gatal?

J: Sejauh ini tidak ada keluhan mengenai alergi atau iritasi dengan bahan palladium dan platina, namun ada beberapa jenis orang yang ada riwayat alergi dengan bahan emas dan perak yang dapat menyebabkan iritasi.

 

T: Apakah semua model cincin bisa dibuat dengan semua material bahan?

J: Bisa, dengan catatan tingkat kerumitan tidak terlalu tinggi.

 

T: Apakah hasil cincin jadi bisa sama persis dengan desain yang diinginkan?

J: Tidak Bisa. Untuk kemiripan hasil jadi cincin dengan desain cincin yang diinginkan customer tidak bisa 100% sama. Karena pembuatan cincin disini dibuat secara handmade atau manual. Ketidak miripan itu termasuk jika ada sedikit cacat atau goresan, grafir yang dan finishing yang tidak bisa 100% rapi mulus seperti buatan pabrik.

 

T: Bagaimana cara mengecek keaslian cincin?

J: Untuk mengecek keaslian cincin bisa dicek ke pegadaian atau toko emas terdekat. Sovia menyediakan jasa cek keaslian cincin, tetapi harus menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya.

 

T: Apakah cincin di Sovia mendapat sertifikat keaslian cincin?

J: Semua pembelian cincin di Sovia mendapat surat/nota pembelian yang mencantumkan bahan, kadar dan berat gram cincin, bukan sertifikat. Bisa menggunakan sertifikat, tetapi ada tambahan biaya tersendiri.

2. PERTANYAAN TENTANG PEMBELIAN

T: Bagaimana proses pembayaran cincin di Sovia?

J: Pembayaran cincin di Sovia bisa DP terlebih dahulu. Untuk bahan Perak, Palladium dan Platinum DP minimal 50%, sedangkan untuk cincin emas DP minimal 85%.

 

T: Apakah Sovia menyediakan cincin yang ready stock?

J: Tidak. Kami spesialis cincin custom, jadi pemesanan cincin harus dibuat terlebih dahulu dalam beberapa minggu. Adapun cincin yang ready stock, hanya menyediakan bahan perak dengan model dan ukuran yang terbatas.

 

T: Berapa hari estimasi pembuatan cincin di Sovia?

J: Proses pembuatan cincin perak 10-14 harian (hari kerja) untuk model yang standard dan simpel.

Cincin Palladium dan Emas 2-3 mingguan (hari kerja) untuk model standard dan simpel.

Cincin Platinum 4 -5 mingguan (hari kerja) untuk model standard dan simpel.

 

T: Apakah pembuatan cincin bisa lebih cepat dari estimasi?

J: Bisa. Tapi ada tambahan biayanya dengan catatan cincin yang dipesan harus model yang simpel dan tidak rumit.

 

T: Berapakah standard berat satu cincin couple (wedding ring)?

J: Untuk pemesanan awal minimal membutuhkan 4-5 gram material dasar.

 

T: Apakah ada kemungkinan berat cincin berkurang atau lebih?

J: Ada. Karena pembuatan cincin di Sovia handmade, ada kemungkinan berat cincin berkurang atau bertambah setelah cincin jadi. Maka dari itu kami memberlakukan berat dan harga final setelah jadi cincin.

 

 

T: Apa itu berat final dan harga final?

J: Karena kemungkinan besar berat cincin bisa berubah setelah jadi, kami akan menimbang kembali cincin yang sudah jadi. Dan menghitung ulang harga sesuai dengan berat final cincin.

 

T: Apakah harga final berlaku untuk semua material bahan?

J: Tidak. Berat dan harga final hanya berlaku untuk Palladium, Emas dan Platinum. Untuk bahan perak, tidak ada harga final.

 

T: Apa itu harga susutan?

Dalam pembuatan cincin, setiap material dasar cincin melalui tahap peleburan dan pemanasan. Logam dasar cincin tersebut akan menyusut akibat peleburan dan pemanasan. Selain itu, logam juga akan menyusut pada proses finishing dan grafir cincin.

 

T: Apa saja yang didapat jika membeli cincin di Sovia?

J: Setiap pembelian cincin di Sovia akan mendapatkan gratis box merah, kartu garansi, panduan perawatan, lap pembersih dan nota pembelian.

 

T: Apakah cincin bisa dikirim ke luar kota?

J: Bisa. Kami menggunakan jasa pengiriman JNE, JNT, dan Pos kilat.

3. PERTANYAAN SEPUTAR CINCIN SILVER (PERAK)

T: Berapakah kadar yang digunakan untuk cincin perak/ silver?

J: Kami menggunakan kadar silver kadar 92,5%

 

T: Apakah kelebihan dari cincin silver?

J: Kelebihan yang paling utama adalah harganya yang sangat ekonomis tanpa mengurangi estetika keindahan kilau silver

Mudah untuk di bentuk dengan berbagai model.

Tidak menggunakan harga final, harga dalam pembuatan cincin perak sudah termasuk bahan dan jasa pembuatan.

 

 

 

T: Apakah kekurangan dari cincin silver?

J: Perak adalah logam yang lunak dan mudah tergores serta berubah bentuk. Perak juga memiliki sifat yang dapat teroksidasi, maka dari itu, logam ini akan memudar jika mendapat tekanan. Memang pada dasarnya semua logam dari waktu ke waktu akan memudar, baik itu emas, palladium bahkan platinum, tapi perak adalah logam yang paling mudah untuk memudar dibandingkan dengan logam-logam lainnya.

4. PERTANYAAN SEPUTAR CINCIN PALLADIUM

T: Apakah itu Palladium?

J: Palladium adalah sejenis logam mulia yang kadarnya lebih tinggi dari perak dan tembaga. Bentuk fisik dan warnanya hampir serupa dengan perak dan emas putih, namun palladium tahan terhadap proses oksidasi.

 

T: Apakah kelebihan Palladium?

J:         1. Cincin dengan bahan dasar Palladium tahan terhadap korosi dan oksidasi.

  1. Harga cincin Palladium lebih terjangkau daripada cincin berbahan emas.
  2. Cincin ini halal dipakai oleh laki-laki muslim.
  3. Cincin palladium menggunakan mekanisme hitung ulang (harga final), jadi customer hanya membayar sesuai berat cincin yang di terima dengan rumus perhitungan sebagai berikut : harga final = Gram + 0.5 (susutan) x harga pergram + ongkos pembuatan

 

T: Apakah kekurangan Palladium?

J:         1. Cincin dengan berbahan dasar Palladium, tidak bisa dijual kembali.

  1. Palladium termasuk jenis logam baru yang digunakan untuk membuat perhiasan, itulah sebabnya belum banyak yang mengetahui tentang logam Palladium.

 

T: Seperti apakah hasil jadi cincin Palladium?

J: Hasil jadi cincin berbahan dasar Palladium sama persis seperti cincin emas putih, sehingga pasangan muslim saat ini banyak menggunakan material Palladium untuk cincin laki-laki dan emas putih untuk wanita.

 

T: Berapakah kadar yang digunakan untuk pembuatan cincin Palladium?

J: Kadar cincin Palladium yang kami gunakan adalah kadar 10%, 25%, 50%, 75%, dan 90%. Tetapi untuk idealnya, disarankan palladium kadar 50%. Semakin tinggi kadar Palladiumnya, semakin gelap warna cincinnya, begitupun sebaliknya semakin rendah kadar Palladiumnya, semakin putih warnanya, karena campuran dari pembuatan Palladium itu sendiri adalah perak/silver.

 

T: Kenapa Palladium tidak memakai yang murni?

J: Jika Emas murni itu sangat lunak, berbeda dengan Palladium. Palladium yang murni justru sulit untuk dilebur (titik didih sangat tinggi). Maka dari itu, Palladium murni sulit untuk dibuat perhiasan. Solusinya adalah dengan mencampur bahan Palladium dengan logam lain agar mudah dilebur (titik didih rendah) dan di sini kami menggunakan perak sebagai bahan campuran palladium.

5. PERTANYAAN SEPUTAR CINCIN EMAS PUTIH

T: Apakah itu Emas Putih?

J: Emas putih adalah perpaduan antara logam berbahan emas murni dan logam yang lain yang berwarna putih seperti perak dan palladium. Tapi disini kami menggunakan logam perak/silver sebagai campuran untuk emas putih.

 

T: Apakah kelebihan Emas Putih?

J:         1. Emas putih terbuat dari campuran logam yang lebih kuat dibandingkan logam campuran emas kuning.

  1. Emas putih mudah dibentuk.
  2. Emas putih bisa membuat berlian terlihat lebih bersinar, sedangkan emas kuning membuat berlian terlihat kekuning-kuningan.
  3. Cincin Emas Putih menggunakan mekanisme hitung ulang (harga final), jadi costmer hanya membayar sesuai berat cincin yang di terima dengan rumus perhitungan sebagai berikut : harga final = Gram + 0.5 (susutan) x harga pergram + ongkos pembuatan

 

T: Apakah kekurangan emas Putih?

J:         1. Emas putih disini mengandung logam perak, sehingga menyebabkan alergi pada orang yang memiliki kulit sensistif.

  1. Karena Emas Putih terbuat dari bahan dasar emas kuning dan perak, Emas putih disini menggunakan lapisan Rhodium untuk membuatnya lebih bersinar. Dan lapisan rhodium dapat pudar sehingga harus dilapis ulang secara berkala.

 

T: Berapakah kadar emas putih yang digunakan?

J: Kami menyediakan kadar emas putih 25%, 50%, 75%, dan 90%

 

T: Saya ingin membuat emas putih dengan kadar 99,9% apakah bisa?

J: Tidak bisa, karena untuk menjadikan nya putih, emas tsb harus dicampur dengan bahan lain yang berwarna putih (red: perak) sedangkan hanya dengan 0.1 % saja tidak cukup untuk membuat bahan emas (kuning) menjadi putih.

 

T: Bagaimana kualitas Emas Putih di Sovia? Apakah bisa luntur?

J: Emas Putih yang kami gunakan adalah campuran emas kuning dengan kadar 99,9% dengan bahan pencampur dari bahan perak/silver sesuai kadar yang diinginkan.

Misalkan permintaan emas putih 50% artinya emas murninya 50% dan kandungan silvernya 50%. Kadar idealnya emas putih adalah 50%, sehingga apabila semakin tinggi kandungan emas murni, lama-lama terlihat kekuningan sesuai warna dasar emasnya, bukan luntur ke kuning murni.

6. PERTANYAAN SEPUTAR CINCIN EMAS KUNING

T: Apakah itu Emas Kuning?

J: Emas Kuning yang digunakan disini adalah campuran emas murni dengan logam lain seperti tembaga.

 

T: Apakah kelebihan Emas Kuning?

J:         1. Emas kuning merupakan campuran dari emas murni dengan tembaga, maka reaksi alergi pada emas kuning sangat rendah.

  1. Harga Emas Kuning lebih murah daripada emas putih.
  2. Emas Kuning tidak perlu dilapis ulang seperti emas putih.
  3. cincin Emas Kuning menggunakan mekanisme hitung ulang (harga final) jadi Customer hanya membayar sesuai berat cincin yang di terima dengan rumus perhitungan sebagai berikut : harga final = Gram + 0.5 (susutan) x harga pergram + ongkos pembuatan

 

T: Apakah kekurangan emas Kuning?

J:         1. Emas Kuning lebih lunak daripada emas putih, sehingga mudah tergores.

  1. Emas Kuning lebih cocok untuk orang yang memiliki warna kulit hangat (kulit sawo matang).

 

T: Berapakah kadar emas putih yang digunakan?

J: Kami menyediakan kadar emas Kuning 50%, 75%, dan 90%.

 

T: Saya ingin membuat emas kuning dengan kadar 99,9% apakah bisa?

J: Secara teknis bisa, namun kami tidak menggunakan kadar ini karena hasil jadinya cincin akan sangat lunak dan mudah bengkok.

7. PERTANYAAN SEPUTAR CINCIN PLATINA/PLATINUM

T: Apakah itu Platina/ Platinum?

J: Platina/ Platinum merupakan logam mulia yang berharga dibandingkan Palladium. Hal inilah yang menyebabkan perhiasan dengan menggunakan logam platinum memiliki harga yang mahal.

 

T: Berapa kadar Platina/Platinum yang digunakan?

J: Kadar platina/ Platinum yang digunakan adalah kadar 25% dan 90%

 

T: Bagaimana ketahanan cincin Platina/Platinum?

J: Platinum memiliki daya tahan yang sangat baik dibandingkan dengan logam Emas, Palladium ataupun Perak. Hal inilah yang membuat platinum menjadi salah satu logam terbaik serta memiliki harga yang lebih mahal diantara jenis logam lainnya. Platinum juga tahan terhadap karat, korosi serta tak akan mengalami keausan sepertu logam mulia lainnya.

 

T: Apakah kekurangan cincin Platina/Platinum?

J:         1. Walaupun harga cincin platinum cenderung mahal, tapi cincin Platina/Platinum tidak bisa dijual kembali.

  1. Cincin Platina/Platinum memiliki masa yang lebih berat daripada emas. Cincin Platina/Platinum 90% dengan gram yang (semisal) 6 gram, hasil jadi cincin akan menjadi tipis, tidak bisa setebal hasil cincin jadi emas atau palladium dengan berat yang sama.

3. Cincin platinum tidak dapat di bentuk banyak model, hanya model-model tertentu saja.

8. PERTANYAAN TENTANG LAPIS RHODIUM

T: Apa yang dimaksud Lapis Rhodium?

J: Rhodium berfungsi untuk memutihkan dan menghaluskan cincin. Di toko-toko, rhodium sering disebut lapis emas putih, padahal sebenarmya ini bukan emas putih namun rhodium.

 

T: Apa yang dimaksud Lapis Emas?

J: Ini adalah siasat jika ingin membuat perhiasan dengan warna kilau emas namun berbahan perak/ silver atau palladium. Dengan melalui tahap ini, cincin perak/silver atau palladium akan berubah menjadi warna kuning emas, bisa juga dikombinasikan dengan warna putih atau rosegold.

 

T: Apakah kekurangan cincin Lapis Rhodium?

J: Cincin perak/silver yang dirhodium memiliki sifat yang dapat teroksidasi, dalam jangka panjang ada kemungkinan cincin ini akan berubah warna menjadi hitam karena bereaksi terhadap senyawa asam.

9. PERTANYAAN TENTANG PERMATA / BERLIAN

T: Apakah jenis permata yang digunakan oleh Sovia?

J: Kami menggunakan permata sintesis (Zirconia/ American Diamond) dan permata ini sudah termasuk dalam harga yang tertera (khusus model standard/simple).

 

T: Apakah warna permatanya bisa diganti dengan warna lain? Dan apakah ada tambahan biaya?

J: Bisa, kami menyediakan warna bitu tua, biru muda, ungu, merah, merah muda/pink, hijau dan hitam. Untuk ukuran tertentu, permata selain warna putih dikenakan biaya. Tergantung besar dan kecil permata yang diminta.

 

T: Apakah Sovia menyediakan berlian asli?

J: Ya, kami menyediakan berlian asli (Eropa Diamond) yang sudah teruji di lab dengan menyertakan memo (bukti keaslian berlian).

 

 

 

T: Bagaimana membedakan berlian asli atau bukan?

J: Secara kasat mata, berlian asli (Eropa Diamond) tidak bisa dibedakan dengan Zirconia/ American Diamond. Untuk mengecek keaslian Berlian asli menggunakan berlian selector.

 

T: Apakah sertifikat untuk berlian asli?

J: Kami menyertakan memo (bentuk seperti KTP) untuk menyertakan keaslian berlian. Kami juga menyediakan sertifikat untuk menyertakan keaslian cincin dan berlian.

 

T: Apa perbedaan memo dan sertifikat berlian?

J: Memo: bukti keaslian berlian dalam bentuk kartu (seperti KTP), dalam memo hanya mencantumkan keterangan seputar berlian.

Sertifikat: bukti keaslian berlian dalam bentuk Kertas (seperti BPKB), dalam sertifikat mencantumkan keterangan keaslian cincin dan berlian. Ada tambahan biaya jika menggunakan sertifikat.

 

T: Apa kelebihan dan kekurangan berlian asli/ Eropa Diamond?

J: Kelebihannya adalah berlian asli tampak lebih bersinar daripada Zirconia jika terkena sinar matahari atau sinar lampu, dan juga berlian asli lebih keras daripada Zirconia.

Kekurangan berlian asli adalah Harga berlian yang cukup mahal yang membuat beberapa orang jarang menggunakan berlian.

10. PERTANYAAN SEPUTAR GARANSI CINCIN

Untuk model cincin bisa request sesuai keinginan seperti bentuk tampilan, berat yang diinginkan maupun bahan yang ingin digunakan. Kami juga menerima custom dengan model sendiri dari customer.

Jaminan Garansi:

  1. Garansi jika bentuk cincin jauh tidak sesuai dengan permintaan, dengan catatan jika memang ada permintan khusus dari customer.
  2. Jika ukuran tidak sesuai dengan ukuran yang diminta. Sovia memberikan garansi resize (membesarkan/ mengecilkan) 1 kali untuk masing-masing cincin selama 3 bulan terbilang setelah cincin jadi.
  3. Garansi jika permata lepas.
  4. Garansi poles ulang selama 3 bulan terbilang setelah cincin jadi.
  5. Garansi ukir nama ulang selama 3 bulan terbilang setelah cincin jadi.

T: Bagaimana proses perbaikan jika customer ada diluar Jogja?

J: Cincin yang akan diperbaiki bisa dikirim ke alamat Sovia dengan menyertakan keterangan perbaikan, nota pembelian dan kartu garansi.

 

T: Apakah ongkos kirim perbaikan cincin ditanggung oleh Sovia?

J: Tidak. Untuk ongkos kirim baik dari alamat customer ke Sovia dan dari Sovia ke alamat customer, semua ditanggung customer.

 

T: Apakah ada tambahan biaya jika perbaikan diluar masa garansi?

J: Ada. Untuk biaya resize diluar masa garansi, biaya 50.000 percincin (belum termasuk ongkos kirim). Untuk poles ulang dengan finishing dikenakan biaya 50.000 percincin

Wedding Rings All Generation

Apabila masih ada pertanyaan lainnya silahkan kontak langsung Customer Service Sovia.

Terimakasih