Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Adat Vs Modern? Kamu Pilih Yang Mana

Adat Vs Modern? Kamu Pilih Yang Mana

Diposting pada 15 March 2019 oleh Sovia Jewelry

Setiap orang ingin pesta pernikahan menjadi bermakna pada moment sekali seumur hidup. Karena itu setiap pasangan yang akan menikah harus mempersiapkan dan mencari keputusan yang bijak mengenai konsep dan tema pernikahan yang akan digunakan. Seiring berjalanya waktu semakin banyak pilihan tema dan inspirasi pakaian yang menarik untuk digunakan.

Terlalu banyaknya pilihan membuat pasangan pengantin bimbang untuk menentukan tema pernikahan adat ataupun modern. Jikapun sudah menentukan pilihan seringkali masih menemui pertentangan antara keinginan keluarga mengenai konsep tersebut. Terlebih jika kamu berasal dari keluarga yang masih kental dengan adat. Sedangkan saat ini tema modern yang simplicity memang sedang banyak dipilih.

Nahh untuk mempermudah kamu menentukan pilihan #SoviaPedia kali ini akan membantumu menentukan pilihan nih. Simak yuk!

1. Pakaian

Adat : Pernikahan dengan adat ini biasanya dilaksanakan jika kamu memiliki darah keturunan adat kental. Misalnya keturunan Batak, Palembang, Minang, Sunda, Bali, Jawa, Toraja, Flores, Papua dan lainnya. Nah prosesi adat ini biasanya harus kamu jalani sebelum dan saat hari H pernikahan. Pada umumnya pakaian yang digunakan saat prosesi adat hanya itu-itu saja, dan tidak berubah dari waktu kewatu. Karena setiap adat mempunyai prosesinya sendiri jadi kamu bisa mencari inspirasi pakaian saat prosesi adat sehingga kamu dapat memiliki gambaran nih!

Modern: Nah, jika kamu memilih konsep modern desain, warna dan konsepnya sangat beragam. Kamu dapat memilih dan menyeleksi beberapa konsep yang cocok kamu gunakan. Dengan konsep modern ini kamu lebih dapat mengeksplorasi berbegai desain dan modelmu sendiri. Sebagai contoh pernikahan modern biasanya ditandai dengan warna putih baik gaun ataupun kebaya untuk perempuan dan setelan jas yang matching untuk lelaki.

2. Make Up

Adat : Selain pakaian yang menjadi pembeda antara kedua konsep ini make up dan dekorasi pelaminan juga menjadi pembeda. Untuk make up biasanya kamu yang memilih adat akan terlihat lebih menor dan tebal. Make up ini biasanya menyesuaikan dengan pakaian adatmu agar dapat mengimbangi tampilanya.

Untuk dekorasi adat biasanya lebih mengunggulkan kearifan lokal dengan menggunakan beragam sumber daya lokal yang berlaku di daerahmu. Keungulam make up adat ini akan merasakan effort yang berbeda karena hanya dilakukan sekali seumur hidup dengan riasan tradisonal dan hiasan kepala.

Modern : Untuk make up modern akan terlihat klasik dan natural. Make up ini juga menyesuaikan pakaian yang di pilih, untuk hiasan kepala biasanya tidak terlalu berlebihan seperti adat. Hiasan kepala yang kamu gunakan dapat kamu pilih dan kamu cari sendiri sesuai dengan kenyamanan. Pilihan make up modern akan membuatmu lebih santai dan tidak terkesan kaku.

3. Lokasi

Adat : Lokasi untuk pernikahan adat yang sakral membuatmu harus lebih memilih tempat indo or untuk menghindari cuaca yang sulit ditebak. Dengan prosesi adat ini membuat semua anggota keluarga dapat telibat dan berperan dalam semua rangkaian. Ayah, Ibu, Adek, Kakak, Kakek, Nenek, Paman, Bibi, Tante akan lebih merasa intimate dan lebih merasa di hargai.

Modern : Berbeda dengan konsep adat, untuk lokasi modern ini kamu bisa memilih konsep out door ataupun garden party. Konsep pernikahan out door ini membuatmu lebih leluasa untuk menyusun susunan acara pernikahan sehingga dapat bebas dan tidak terikat tradisi. Pemilihan lokasi out door pun membuatmu lebih leluasa untuk menyapa dan bercengkrama langsung dengan semua tamu yang datang.

4. Biaya

Adat : Karena pernikahan adat membutuhkan serangkaiaj prosesi adat yang harus dijalani dan waktu yang lumayan panjang, karenanya cukup memakan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan konsep modern. Berbagai macam prosesi adat melibatkan banyak orang dan membuat biaya semakin membengkak.

Modern : Pernikahan dengan tema modern dipercaya lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu. Konsep ini memang cocok untukmu yang tidak ingin ribet dengan urusan adat yang cukup lama. Biasanya konsep pernikahan modern ini dipilih pasangan yang ingin menggelar pesta pernikahan sederhana dan sesuai keinginan.

Meski memiliki kesempatan sekali seumur hidup saat pernikahan untuk mengenal dan menggunakan pakaian adat merupakan sebuah kepuasan tersendiri, namun kamu juga berhak menentukan pilihan. Nah semuanya tergantung dengan kesepakatanmu dengan pasangan, orang tua dan keluarga kedua belah pihak. Meski pernikahan hanya di lakukan oleh mu dan pasangan namun di Indonesia pernikahan melibatkan kedua keluarga. Atau supaya adil kamu bisa memilih pakaian adat saat akad dan modern saat resepsi, Hhe ☺



Bagikan artikel ini :


Adat Vs Modern? Kamu Pilih Yang Mana | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Adat Vs Modern? Kamu Pilih Yang Mana, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × three =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR