Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Beberapa Ritual Unik Pernikahan di Belahan Dunia

Beberapa Ritual Unik Pernikahan di Belahan Dunia

Diposting pada 8 October 2019 oleh Sovia Jewelry

Kamu pasti tahu kalau pernikahan identik dengan kesakralan dan keseriusan baik dalam acaranya ataupun dalam keintiman antar pasangan dan keluarga itu sendiri. Tapi bagaimana jika pernikahan itu diselingi dengan berbagai ritual atau kepercayaan yang bahkan kamu sendiri akan tergeleng-geleng dan terkejut mendengarnya. Banyak negara di dunia ini memiliki tradisi aneh pada saat dilaksanakannya pernikahan, sebelum atau bahkan sesudahnya. Penasaran apa saja ritual anehnya? mari disimak.

1. Indonesia
Sebelum jauh-jauh keliling dunia, ternyata di Indonesia sendiri terdapat ritual dan tradisi pernikahan yang bikin sakit perut. Gimana tidak, jika di Tidong, salah satu kabupaten di Kalimantan Utara ini menganut kepercayaan jika pengantin baru tidak boleh ke kamar mandi selama 3 hari berturut-turut. Mereka harus menunda untuk buang air kecil maupun buang air besar dengan tujuan agar pernikahannya akan langgeng hingga kakek nenek dan memiliki banyak anak dan rezeki. Ritual ini dilakukan terhitung setelah upacara pernikahan diselenggarakan, bahkan di beberapa kejadian ada yang sampai menunggui pengantin baru dan mengunci kamar mandi di rumah agar mereka tidak bisa masuk kesana.

2. Skotlandia
Kalau di sebagian negara di dunia mempelai laki-laki dan wanita sedang asiknya makan malam romantis atau bahkan sedang deg-degan menjelang hari H, lain halnya di Skotlandia. Di negara ini malah membuat calon mempelai wanitanya kotor dan bau. Jadi sebelum upacara pernikahan ini mempelai wanita harus rela diiring keliling kota dan dilempari oleh telur busuk, tepung,merica, susu basi, tulang ikan dll. Tak hanya itu, setelahnya sang mempelai juga akan diikat di sebatang pohon dan disiram kembali dengan cairan pekat seperti oli atau solar di sekujur tubuhnya. Katanya ritual ini bertujuan agar calon mempelai wanita dapat melewati dan menghadapi hal-hal buruk serta memalukan setelah pernikahan. Eh tapi mempelai laki-lakinya kenapa tidak ikut sekalian ya, kan mengarungi bahtera rumah tangganya berdua.

3. Mauritania
Di Negara ini mempelai wanita akan dimanjakan oleh makanan-makanan yang lezat, dan memang itu diharuskan. Jika kebanyakan di belahan bumi lain mempelainya harus terlihat langsing pada saat pernikahan, tapi tidak dengan di negara ini. Dengan mempunyai standar kecantikan yang bertolak belakang yaitu malah mewajibkan wanita untuk bertubuh gemuk dan berisi pada saat pernikahan mereka. Tak hanya itu, ada juga yang sampai di paksa untuk terus makan agar tubuhnya gemuk pada saat umur mereka masih belia. Katanya tradisi ini memandang semakin berisi dan semakin gemuk mempelai wanita maka itu melambangkan betapa cintanya dia dengan sang mempelai laki-laki. Tapi sedih juga sih kalo harus dipaksa makan?

4. China
Tradisi menangis bahagia, adalah salah satu tradisi yang berasal dari Tujia, Tiongkok ini mewajibkan mempelai wanita menangis setiap satu jam sehari sebulan sebelum pernikahan. Pada hari kesepuluh ibunya mempelai juga ikut menangis kemudian disusul dengan nenek sang mempelai yang meneteskan air mata pada hari kedua puluh. Hingga akhirnya pada hari pernikahan semuanya pada nangis. Jadi bikin mimin sedih juga kan? tanggung jawab *eh

5. Rusia
Ada tradisi unik dan kocak di negara Rusia ini alih-alih bisa menikahi sang pujaan hati kamu malah mendapatkan kejutan lain. Karena di Rusia pada saat kamu ingin melamar kekasihmu kamu harus membawa mahar kepada keluarganya. Jika maharnya sesuai dengan keinginan sang keluarga wanita maka pasanganmu akan keluar dari persembunyiannya dan menemui langsung. Lain halnya jika maharnya kurang, kamu bakal menemui sosok laki-laki yang berdandan layaknya wanita lengkap dengan riasan make up tebal dan baju glamor.

6. Prancis
Ini agak ekstrim sih, tradisi ini bernama Charivari, yaitu pada hari setelah pasangan menikah orang-orang berbondong-bondong mendatangi rumah pasangan baru. Tujuan orang-orang tersebut adalah untuk mengganggu agar si pasangan tidak bisa bermesra-mesraan. Parahnya lagi mereka benar-benar membuat seisi rumah berantakan atau berisik agar si empunya rumah tidak nyaman dan tradisi ini akan berlangsung selama seharian penuh. Kasian juga ya?

Kamu lebih mendingan yang mana nih? Sepertinya tradisi pernikahan di atas terkesan tak biasa kan? mungkin untuk kamu yang tidak pernah melakukannya pasti terdengar aneh. Sedangkan untuk negara bersangkutan pastinya sudah terbiasa dan itu juga bisa dijadikan momen untuk lebih mengenal pasanganmu sendiri.

Kalau ngomongin soal pernikahan pasti kamu juga butuh mas kawin, kamu sudah beli mas kawin belum?. Pengen yang custom atau langsung jadi? Sovia Jewelry menyediakan semuanya loh dear, mulai dari cincin ready stock dan juga custom. Kamu bisa langsung tanya-tanya kepada CS ramah kami atau bisa langsung datang ke store pusat kita di Jln. Kebun Raya No. 3B, Rejowinangun, Kotagede Yogyakarta tepatnya di timur Loket Gembira Loka Zoo. Ditunggu kedatangannya ya dear.



Bagikan artikel ini :


Beberapa Ritual Unik Pernikahan di Belahan Dunia | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Beberapa Ritual Unik Pernikahan di Belahan Dunia, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ten − six =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR