Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Fungsi Keluaraga Secara Sosiologis, Yuk Simak Penjelasannya!

Fungsi Keluaraga Secara Sosiologis, Yuk Simak Penjelasannya!

Diposting pada 30 October 2020 oleh SoviaJewelry

Cincin Couple, cincin custom, cincin emas, cincin handmade, cincin lamaran, cincin nikah, cincin palladium, cincin perak, cincin platinum, cincin single, cincin tunangan, couple rings, emas kuning, emas putih, engagement rings, jewellery, jewelry, kadar cincin, lamaran, model cincin, nikah, palladium, perhiasan, pernikahan, persiapan pernikahan, pilih cincin, platinum, promo perak, single rings, sovia bogor, Sovia Jewelry, sovia jogja, sovia madiun, sovia semarang, sovia surabaya, sovia tangerang, tips keluarga bahagia, fungsi keluarga

1.  Fungsi Biologis

Keluarga adalah tempat yang baik untuk membentuk keturunan secara sehat dan sah. Salah satu tujuan di sunnahkannya pernikahan dalam agama adalah untuk memperbanyak keturunan yang berkualitas . Hal ini tentu saja dibutuhkan usaha yang tidak mudah. Diantaranya adalah kasih sayang dan perhatian dari orangtua, kesehatan yang terjaga, pendidikan yang memadai dan masih banyak lagi yang harus dilakukan orangtua untuk anak-anak nya. Disinilah pentingnya sebuah keluarga yang sah baik secara agama dan juga secara negara.

2. Fungsi Edukatif

Keluarga juga berfungsi sebagai tempat untuk melangsungkan pendidikan pada seluruh anggota nya. Sahabat Sovia pernah mendengar kalimat bahwa keluarga adalah madrasah utama bagi anak, madrasah pertama dalam proses pendidikan manusia yang membawa peran penting dalam keluarga.Oleh karena itu orangtua harus memikirkan. Memfasilitasi, dan memenuhi hak tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal ini tentu menjadi pr besar para calon orangtua. Buat Sahabat Sovia yang sudah memiliki niat baik akan menikah di tahun 2021, jangan lupa untuk terus belajar menjadi orangtua mulai dari membaca buku-buku dan informasi yang mengedukasi ya..

 3. Fungsi Religius

Keluarga juga menjadi tempat untuk menanamkan nilai-nilai agama paling awal ya, orangtua memiliki tanggungjawab besar untuk memberikan pemahaman, penyadaran, dan memberikan contoh dalam keseharian tentang ajaran keagamaan yang mereka anut. Hal ini menjadi bagian penting dalam membentuk kepribadian dan karakter yang baik bagi anggota keluarga.

4. Fungsi Protektif

Keluarga harus menjadi tempat yang dapat melindungi seluruh anggotanya dari seluruh gangguan, baik dari dalam maupun dari luar. Keluarga juga harus menjadi tempat yang aman untuk memproteksi anggotanya dari pengaruh negative dunia luar yang mengancam kepribadian dan karakter yang baik bagi anggota keluarga.

 

5. Fungsi Sosialisasi

Keluarga juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai social dalam keluarga. Melalui nilai-nilai ini, anak-anak diajarkan untuk memegang teguh norma kehidupan yang sifatnya universal sehingga mereka dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki karakter dan jiwa yang teguh. Selain itu, melalui fungsi ini, keluarga juga dapat menjadi tempat yang efektif untuk mengajarkan anggota keluarga dalam melakukan hubungan social dengan sesama. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk social, maka mereka membutuhkan hubungan antar sesame secara timbal balik untuk mencapai tujuan masing-masing.

6. Fungsi Rekreatif

Keluarga menjadi tempat untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan seluruh anggotanya, menjadi tempat beristirahat yang menyenangkan untuk melepas lelah. Dalam keluarga seseorang dapat belajar untuk saling menghargai, menyayangi, dan mengasihi sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan damai. Dengan demikian keluarga itu benar-benar menjadi surga bagi seluruh anggotanya. Sebagaimana hadis Nabi yang menyatakan bahwa “Rumahku adalah Surgaku”.

7. Fungsi Ekonomis

Fungsi ini penting sekali untuk dijalankan dalam keluarga. Kemapanan hidup dibangun diatas pilar ekonomi yang kuat. Untuk memenuhi kebutuhan dasar seluruh anggota keluarga, maka dibutuhkan kemapanan ekonomi. Oleh karena itu pemimpin keluarga harus menjalankan fungsi ini dengan sebaik-baiknya. Keluarga harus mempunyai pembagian tugas secara ekonomi. Siapa yang berkewajiban mencari nafkah, serta bagaimana pendistribusianya secara adil agar masing-masing anggota keluarga dapat mendapatkan haknya secara seimbang.

Dengan demikian pernikahan bukanlah sekedar menghalalkan percintaan yang mengikat dua insan. Tapi lebih dari itu, pernikahan adalah bentuk kebutuhan-kebutuhan pasangan baik yang sifatnya sosiologis, psikologis, biologis dan juga ekonomi.

 

Sumber : Buku Bacaan Mandiri Calon Pengantin

(Subdit Bina Keluarga Sakinah, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Ditjen Bimas Islam Kemenag RI)



Bagikan artikel ini :


Fungsi Keluaraga Secara Sosiologis, Yuk Simak Penjelasannya! | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Fungsi Keluaraga Secara Sosiologis, Yuk Simak Penjelasannya!, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

15 − eight =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR