Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Istilah-Istilah Yang Harus Kamu Tahu Pada Pandemi Covid-19

Istilah-Istilah Yang Harus Kamu Tahu Pada Pandemi Covid-19

Diposting pada 13 May 2020 oleh SoviaJewelry

Pada awal tahun 2020 ini telah beredar pandemi worldwide yaitu Corona Virus yang telah menyerang lebih dari 4 juta orang di dunia, banyak dampak yang disebabkan oleh wabah ini, mulai dari ekonomi yang turun di berbagai negara, tenaga medis yang bekerja keras karena membludaknya jumlah pasien virus ini. Selain itu himbauan tentang Lockdown di berbagai daerah telah dilakukan.

Covid-19 ini juga mempengaruhi semua pasar di dunia, hingga harga dollar sempat menguat beberapa waktu lalu. Semua orang sudah terdampak dengan adanya pandemi, karena itu pasti banyak yang sudah mengerti dengan beberapa istilah yang sering dikaitkan dengan covid-19 ini buat kamu yang belum tau apa aja istilah yang harus kamu tahu tentang wabah ini

1. ODP, PDP dan juga OTG

Istilah ini pasti sudah sering kamu dengan baik dari media televisi maupun media internet mengiringi berita covid-19. Yang pertama yaitu ODP atau disebut juga Orang Dalam Pengawasan, ini adalah sebutan bagi orang yang mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif covid-19. Sementara PDP sendiri statusnya sudah Pasien Dalam Pengawasan karena membutuhkan uji lab untuk mengetahui apakah pasien sudah terdampak atau tidak. Yang paling berbahaya di antara semuanya adalah istilah OTG ini. Kenapa bahaya, karena Orang Tanpa Gejala (OTG) ini bisa menularkan ke siapa saja tanpa disadari telah mengidap covid-19.

2. Episentrum Corona

Istilah ini muncul karena titik wabah yang telah berubah, yang pertamanya berpusat di Wuhan, China, kini episentrum atau titik penyebaran covid-19 ini sudah berpindah pada negara Amerika Serikat setelah jumlah korban semakin bertambah. Bahkan WHO memprediksi bahwa Jakarta akan jadi pusat episentrum baru di Asia jika tidak segera dilakukan penaggulangan, maka dari itu Indonesia sudah mulai bersiap dengan menerapkan PSBB di Ibukota Jakarta dan baru-baru ini disusul oleh surabaya dan beberapa kota lain. Sedangkan di Indonesia sendiri di prediksi akan adanya epicentrum baru yang muncul yaitu diantaranya di Semarang, Surabaya dan Makasar yang memiliki banyak kasus selain di ibukota Jakarta.

3. PSBB

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya PSBB adalah berarti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Yaitu penerapannya dimana semua kegiatan sekolah diliburkan, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat dan fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi dan pembatasan terkait aspek pertahanan dan keamanan. Beda dengan lockdown yang membuat seluruh penduduk untuk stay di rumah dan tidak boleh keluar rumah, tetapi PSBB lebih membatasi kegiatan orang untuk keluar rumah.

4. Local Transmission

Kebanyakan orang yang tertular virus corona mempunyai riwayat perjalanan dari kota episentrum yaitu di DKI Jakarta ataupun daerah dengan zona merah ke kota yang tak terdampak. Sehingga banyak petugas medis yang menanyai riwayat perjalanan calon pasien, nah untuk local transmission sendiri adalah penularan orang asli wilayah tertentu kepada orang lainnya. Contohnya adalah ketika orang jogja asli yang tidak memiliki riwayat perjalanan sebelumnya positif covid-19 dan menularkan kepada warga Jogja yang lain.

5. Klaster

Selain local Transmission ada juga klaster yaitu istilah untuk menyebutkan sistem yang digunakan untuk mengkategorikan dari asal penyebaran virus tersebut. Klaster ini bisa juga berupa wilayah atau titik tertentu dan dihimbau untuk menghindari klaster-klaster ini. Contoh cluster baru yang terbentuk di Yogyakarta adalah di Klaster Indogrosir di Sleman, dimana ditemukan satu orang karyawan yang positif covid-19, Klaster lainya yang pernah terbentuk adalah klaster Jamaah Tabligh di Gunung Kidul, klaster Jamaah Tabligh di Sleman, dan klaster Jemaat Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) di Kota Yogyakarta.

Itulah beberapa istilah yang perlu kamu tahu pada saat pandemi corona ini, dimana istilah ini sangat penting untuk dipahami saat ada berita di Televisi atau internet. stay safe dan healthy ya Sahabat Sovia, jika kamu mau belanja cincin bisa dari rumah aja yak 🙂



Bagikan artikel ini :


Istilah-Istilah Yang Harus Kamu Tahu Pada Pandemi Covid-19 | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Istilah-Istilah Yang Harus Kamu Tahu Pada Pandemi Covid-19, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

8 + 16 =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR