Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Kamu Harus Tahu! Fakta-Fakta Menarik Tentang Cincin

Kamu Harus Tahu! Fakta-Fakta Menarik Tentang Cincin

Diposting pada 24 November 2019 oleh Sovia Jewelry

Cincin mempunyai sejarah yang panjang sejak beberapa ribu tahun lalu. Bentuk cincin berubah-ubah sesuai zaman, awalnya tak hanya bentuk lingkaran saja namun ada berbagai macam. Perkembangan bentuk tersebut mengalami beberapa fase.

Cincin sendiri memiliki fakta menarik di masa lalu hingga masa kini. Beberapa fakta tersebut akan diuraikan dalam artikel berikut. Simak yuk simak apa aja fakta menariknya! 

1. Berdasarkan Sejarahnya

  • Memberi dan menerima cincin kepada sepasang kekasih dimulai sejak 6000 tahun lalu.
  • Dipercaya oleh budaya di beberapa negara bahwa cincin yang berbentuk bulat menandakan eternity atau selamanya.
  • Pada awal bentuk cincin yaitu berupa cincin yang terbuat dari besi, sedangkan trend cincin emas yang fashionable dibuat pada abad pertengahan.
  • Cincin kawin awal pada zaman mesir kuno berbahan papirus atau alang-alang yang di anyam.
  • Pada masa mesir kuno, orang percaya memakai cincin di jari manis tangan kiri maka disimbolkan dengan vena amoris yaitu jari yang langsung terhubung ke hati.
  • Orang romawi mengklaim pasangan mereka dengan cincin yang diberikan sebagai simbol “telah dimiliki”.
  • Berdasarkan sejarah cincin telah dipakai di beberapa jari seperti ibu jari dan  jari kiri maupun kanan. 

2. Berdasarkan Filosofinya

  • Putri Mary adalah orang termuda yang diberi cincin tunangan, yaitu pada usia 2 tahun. Tak hanya itu putri dari raja Henry VIII itu juga tercatat sebagai cincin tunangan terkecil di dunia.
  • Cincin pertunangan sekaligus pernikahan yang terbuat dari berlian yang pertama kali diberikan oleh Raja Maximilian I dari Jerman kepada Mary of Burgundy.
  • Berlian ditemukan di India pada 800 M tetapi baru digunakan sebagai perhiasan dan cincin pada abad 15.
  • Valentine adalah hari penting dimana banyak orang melamar kekasihnya pada hari ini, tapi kenyataannya pemasok cincin terbanyak adalah bulan Desember.
  • Pada saat Perang Dunia II banyak terdapat custom cincin untuk laki-laki, kebanyakan adalah para tentara yang harus bertugas di luar negara. Tujuannya adalah untuk mengingat istri yang ada di rumah.
  • Di berbagai negara seperti Rusia, Yunani, Norwegia, Bulgaria, Polandia, Ukraina dan sebagian negara Eropa lainnya memilih memakai cincin mereka di jari manis tangan kanan.
  • Kata diamond berasal dari kata Yunani yaitu adamant (adamas) atau tak bisa dijinakkan atau tak terkalahkan.

3. Berdasarkan Kuantitasnya

  • Emas adalah logam mulia yang paling sering digunakan untuk membuat cincin, di Amerika Serikat sendiri setiap tahunnya menghabiskan kurang lebih 17 ton emas untuk dibuat cincin pernikahan atau cincin tunangan.
  • Tidak semua budaya mengajarkan menggunakan cincin di jari tangan, di India terkenal dengan cincin yang dipakai di jari kaki.
  • Bentuk berlian yang paling populer adalah potongan berlian bulat.
  • Emas Putih dan Platinum adalah bahan paling populer untuk cincin tunangan atau pernikahan, dengan persentase emas kuning sebanyak 73%

Itulah sebagian fakta-fakta menarik mengenai cincin, sebagian ada yang tau nggak? Nah buat yang gak tahu semoga jadi pengetahuan baru yah.

Oh iya ngomongin soal cincin, udah ada referensi belum untuk cincin tunangan atau cincin nikahmu besok?  Kalo belum, kamu bisa banget lihat katalog cincin di Sovia Jewelry, dengan berbagai model kekinian mulai dari simple hingga cincin rustic, “stacking” atau model Raisa.

Tak hanya cincin yang bisa kamu dapetin. Kamu akan diberikan berbagai bonus lain seperti kotak cincin, garansi 1 tahun, free photoshoot dll.

Banyak customer yang puas sama cincin Sovia loh, yang lain beli cincin di Sovia kenapa kamu enggak? Buktiin sendiri deh! 



Bagikan artikel ini :


Kamu Harus Tahu! Fakta-Fakta Menarik Tentang Cincin | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Kamu Harus Tahu! Fakta-Fakta Menarik Tentang Cincin, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

5 × two =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR