Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Mahar, Seserahan atau Hantaran, Mana Sih Yang Wajib Dilakukan?

Mahar, Seserahan atau Hantaran, Mana Sih Yang Wajib Dilakukan?

Diposting pada 15 November 2019 oleh Sovia Jewelry

Lamaran ataupun pernikahan menjadi salah satu tahap pasangan untuk melangkah ke tahap rumah tangga yang masing-masing akan berperan sebagai suami istri. Kamu yang akan melaksanakan lamaran atau pernikahan pasti akan memberikan seserahan, hantaran juga mahar.

Istilah tersebut untuk orang awam yang tidak tahu mungkin mengira jika ketiganya adalah sama, padahal sangat berbeda dari segi filosofi, hukum dan maknanya terutama untuk orang jawa dan umat muslim. Mana saja yang wajib dan sunnah? Yuk simak uraian berikut :

1. Hantaran
Hantaran adalah pengetuk pintu pada saat laki-laki berkunjung ke rumah perempuan untuk merencanakan lamaran sekaligus memastikan tanggal pernikahan. Hantaran berperan sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari laki-laki kepada perempuan ataupun sebaliknya.

Hantaran mempunyai filosofi kesopanan, karena di adat jawa sendiri apabila bertamu ke rumah orang hendaknya membawa buah tangan, dalam hal ini norma tersebut sangat di junjung tinggi. Hantaran bisa berupa kue, gula, beras, makanan khas atau buah-buahan yang dikemas secara cantik dan rapi.

Tak hanya itu, pada saat calon pengantin laki-laki akan pulang maka giliran dari pihak perempuan yang memberikan hantaran sebagai oleh-oleh sekaligus menandakan bahwa kedua keluarga telah sepakat. Dilihat dari hukumnya hantaran ini sifatnya tidak wajib, lebih kepada kesopanan atau “unggah-ungguh”.

2. Seserahan
Seserahan diberikan oleh calon laki-laki kepada calon perempuan sebagai simbol dia akan bertanggung jawab atas keluarga yang dibangun. Sekaligus tanda keseriusan antar pasangan. Seserahan juga mempunyai simbol cinta untuk kedua orang calon, yaitu bahwa mereka akan terus tulus saling mencintai satu sama lain hingga ajal menjemput.

Acara menyerahkan seserahan ini dilakukan sesuai adat istiadat yang berlaku pada daerah tersebut. Seserahan biasanya berisi keperluan sang calon mempelai perempuan dan ini bisa didiskusikan satu sama lain. Sedangkan untuk adat Jawa sendiri biasanya yang wajib diberikan adalah perhiasan, sepotong kain batik dan kebaya, pisang raja, suruh ayu, dan jajanan lengket yang mempunyai maknanya sendiri-sendiri.

3. Mahar
Mahar bersifat wajib bagi terutama untuk muslim, pengertiannya hampir sama seperti seserahan, yang membedakan adalah mahar menjadi syarat sahnya suatu pernikahan sehingga keberadaannya harus ada disetiap pernikahan.

Tak ada ketentuan khusus mengenai apa yang diberikan, Mahar biasanya berupa perhiasan tapi tak sedikit pula yang memilih mahar yang beda dari yang lain. Mahar sendiri diberikan pada saat acara sebelum akad dimulai, biasanya saat dipertemukannya keluarga mempelai pada saat hari H.

Ketiganya merupakan elemen penting pada saat acaramu, karena terdapat berbagai aspek seperti, kesopanan, kepantasan, dan juga pertanggung jawaban dari sepasang calon pengantin. Kalau kamu menginginkan perhiasan terutama cincin untuk acara tersebut serahkan saja ke Sovia Jewelry, sebagai pembuat cincin handmade berpengalaman kamu bisa memilih model, bahan dan kadar yang kamu suka.

Kamu bisa menyesuaikan budget untuk membeli sepasang cincin dengan adanya beberapa pilihan bahan seperti platinum, palladium, emas kuning, emas putih dan perak. Dengan jaminan garansi SATU TAHUN kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dan juga promo setiap bulannya.

Jadi bagi kamu yang menginginkan seserahan atau mahar berupa cincin bisa langsung check model cincin Sovia Jewelry yang selalu update setiap harinya di instagram @soviajewelry. Terimakasih sudah menyimak ulasan ini ya, semoga bermanfaat!



Bagikan artikel ini :


Mahar, Seserahan atau Hantaran, Mana Sih Yang Wajib Dilakukan? | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Mahar, Seserahan atau Hantaran, Mana Sih Yang Wajib Dilakukan?, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

nine + 14 =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR