Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Menu Saat Lebaran Idul Fitri, Brongkos Wajib Ada Juga Lho Ternyata!

Menu Saat Lebaran Idul Fitri, Brongkos Wajib Ada Juga Lho Ternyata!

Diposting pada 5 May 2021 oleh SoviaJewelry

Setelah berpuasa hampir sebulan penuh, umat Muslim siap menyambut Hari Kemenangan yang akan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 nanti. Berbicara mengenai Lebaran pasti tak lepas dari serangkaian tradisinya ya kan sahabat sovia? Mulai dari mudik, maaf-maafan baik secara langsung maupun melalui media sosial, dan juga membeli kue-kue kering yang akan dihidangkan saat hari-H tiba.

Tak hanya itu saja, menu-menu andalan khas Lebaran juga menjadi hal yang tak boleh dilewatkan lho sahabat sovia. Meskipun mulai hari ini masyarakat tidak diperbolehkan untuk melakukan mudik sesuai dengan yang sudah diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Tetapi bukan berarti kita tidak menghidangkan menu-menu andalan, ya kan sahabat sovia? Nah kalau kamu masih pusing memikirkan menu masakan Lebaran, berikut ini kami berikan beberapa menu masakan Lebaran khas yang bisa kamu buat di rumah. Selamat mencoba!

1. Ketupat  

Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan makanan yang paling dicari usai sholat idul fitri, hayo ngaku siapa yang lebih milih ketupat daripada nasi hayo?

Yap! Ketupat terbuat dari beras yang dibuat menggunakan daun pohon kelapa yang direbus hingga bentuknya berubah warna dari hijau menjadi kecokletan. Saat lebaran ketupat biasanya disandingkan dengan berbagi menu-menu berat yang biasanya mengandung santan. Seperti opor ayam, sayur lodeh dan masih banyak lagi. Kalau kamu melihat ini saat adzan sholat dzuhur jangan lupa kuatin hati nya ya..

Sumber foto : https://travel.kompas.com/ 

2. Opor Ayam 

Nah ini dia sahabat sovia, menu yang tidak bisa jauh-jauh dari ketupat. Menu yang satu ini sudah pasti disandingkan dengan sepiring ketupat. Makan opor ayam tanpa ketupat rasanya seperti sayur tanpa garam. Hambarrr!

Sumber foto : https://id.pinterest.com/  

3. Rendang  

Makanan lezat khas Padang yang satu ini adalah menu wajib yang harus ada saat lebaran juga lho sahabat sovia. Selain opor ayam, rendang juga bisa kamu sandingkan dengan ketupat. Apalagi di makan nya pakai daun pisang gini, pasti endolita banget yakan? Kuy mulai sekarang mending siapin bumbu-bumbu nya, agar saat malam takbiran hkamu tidak perlu kerepotan membeli aneka macam bumbu terlebih dahulu.

Sumber foto : Sumber foto : https://id.pinterest.com/

4. Sambel Goreng Kentang 

Menu yang satu ini mungkin terdengar biasa aja, tapi jangan salah sahabat sovia. Sambel goreng kentang adalah menu yang dicari keberadaan nya ketika tidak ada di meja makan kala lebaran lho. Usai sholat idul fitri emang paling bener tuh makan bersama sih ya? Selain dengan telur puyuh, sambel goreng kentang juga cocok banget lho sama ati ayam. Kalau nggak percaya cobain deh, apalagi nasi nya anget kalau kata anak millenial jaman sekarang sih rasanya ahhh mantaaap!!!

Sumber foto : https://id.pinterest.com/

5. Brongkos 

Menu yang satu ini adalah satu dari banyak nya menu khas Yogyakarta, ada sebagian masyarakat yang menjadikan brongkos sebagai menu wajib saat lebaran. Kalau sahabat sovia kenal dengan sosok Umar Kayam, penulis sekaligus Budayawan, beliau adalah sosok yang sangat menyukai Brongkos. Makanan berkuah yang hampir mirip dengan rawon ini memang cocok sekali disantap bersama keluarga saat lebaran tiba. Kira-kira kamu udah tau belum sahabat sovia resepnya apa? Nah kalau sudah, kamu boleh banget lho komen di kolom komentar..

Sumber foto : https://id.pinterest.com/

 

 

 



Bagikan artikel ini :


Menu Saat Lebaran Idul Fitri, Brongkos Wajib Ada Juga Lho Ternyata! | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Menu Saat Lebaran Idul Fitri, Brongkos Wajib Ada Juga Lho Ternyata!, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

5 × five =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR