Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Yuk Cek Persyaratan dan Tata Cara Mengurus Dokumen Nikah Tahun 2020!

Yuk Cek Persyaratan dan Tata Cara Mengurus Dokumen Nikah Tahun 2020!

Diposting pada 22 October 2020 oleh SoviaJewelry

Cincin Couple, cincin custom, cincin emas, cincin handmade, cincin lamaran, cincin nikah, cincin palladium, cincin perak, cincin platinum, cincin single, cincin tunangan, couple rings, emas kuning, emas putih, engagement rings, jewellery, jewelry, kadar cincin, lamaran, model cincin, nikah, palladium, perhiasan, pernikahan, persiapan pernikahan, pilih cincin, platinum, promo perak, single rings, sovia bogor, Sovia Jewelry, sovia jogja, sovia madiun, sovia semarang, sovia surabaya, sovia tangerang, tips mengatasi stress, tips pernikahan Ingin

Saat merencanakan hari pernikahan, beberapa calon pengantin masih sering melupakan satu hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Sebelum membina mahligai rumah tangga, kamu dan pasangan tentunya harus sudah resmi dinyatakan sebagai suami istri sah secara hukum negara dan hukum agama. Proses pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menerbitkan akte nikah inilah yang kerap kali dianggap sepele bahkan dilupakan oleh pasangan, padahal sebenarnya dokumen tersebut sangatlah krusial. Dokumen-dokumen tersebut sudah seharunya diselesaikan sebelum kamu dan pasangan memikirkan hal-hal lain seperti vendor dan catering.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan meluangkan waktu minimal satu sampai tiga bulan untuk menyelesaikan dokumen-dokumen tersebut. Dalam jangka waktu tadi kamu harus mengumpulkan dokumen pribadi serta surat-surat keterangan yang diperlukan agar proses pencatatan sipil dan upacara pernikahan dapat dilangsungkan dengan lancar dan tanpa gangguan. Jangan lupa juga bahwa proses tersebut dapat berbeda ya Sahabat, semua tergantung dengan agama yang kamu dan pasangan anut, status kenegaraan, atau lokasi upacara pernikahan dilaksanakan dan ketentuan dari kantor kelurahan di mana kamu akan menumpang nikah. Perhatikan dengan detail setiap syarat menikah yang ditetapkan dan segeralah melengkapinya.

Berikut ini Sovia Jewelry akan memberikan detail prosedur mempersiapkan surat-surat untuk pernikahanmu yuk simak langkah-langkah di bawah ini!

Langkah 1:

Kunjungi kantor RT/RW untuk memperoleh surat pengantar sebagai salah satu persyaratan mendaftarkan pernikahanmu secara hukum agama dan hukum negara. Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP kamu dan pasangan ya.

Langkah 2:

Selanjutnya adalah pembuatan surat keterangan belum menikah (N1, N2, N3 dan N4). Surat-surat tersebut bisa kamu dapatkan di kelurahan, nah berikut adalah model-model surat nya :

N1 : Surat Keterangan Belum Menikah

N2 : Surat Keterangan Asal-Usul

N3 : Surat Persetujuan Mempelai

N4 : Surat Keterangan Tentang Orangtua

Bawalah dokumen-dokumen berikut bersama dengan surat keterangan belum menikah yakni N1, N2, N3 dan N4 untuk mendapatkan akta nikah :

  1. Fotokopi KTP pemohon (masing-masing 2 lembar).
  2. Fotokopi KTP orang tua pemohon (masing-masing 2 lembar).
  3. Surat pengantar yang telah ditandatangani RT/RW.
  4. Fotokopi surat pengantar (2 lembar).
  5. Fotokopi Akta Kelahiran pemohon (masing-masing 2 lembar).
  6. Fotokopi Kartu Keluarga (masing-masing 2 lembar).
  7. Fotokopi KTP kedua saksi (2 lembar per orang).
  8. Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah dengan materai Rp 6,000,- yang diketahui oleh 2 orang saksi, dibubuhkan stempel RT/RW setempat.
  9. Bagi anggota TNI/POLRI menyertakan surat izin dari atasan masing-masing.

(Ingat ya, formulir yang menyatakan saksi-saksi harus disertai tanda tangan kedua saksi sesuai dengan KTP yang dikumpulkan.) Setelah itu petugas akan meminta kamu dan pasangan untuk memfotokopi formulir yang telah ditandatangani sebanyak dua lembar per surat. Lalu seluruh surat-surat keterangan belum menikah dapat dibawa pulang.

Langkah 3:

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendaftarkan pernikahanmu secara hukum agama. Persyaratan upacara pernikahan dapat berbeda tergantung tempat upacara pernikahan akan dilaksanakan. Nah kali ini Sovia Jewelry akan memberikan detail untuk Sahabat Sovia yang beragama Islam ya.

  1. Surat keterangan N1, N2, N3 dan N4.
  2. Bukti imunisasi TT1 bagi calon pengantin wanita, kartu imunisasi, dan imunisasi TT II dari Puskesmas setempat.
  3. Pas foto ukuran 3 x 2 (5 lembar) dengan background warna biru dan pas foto berdampingan berwarna ukuran 4 x 6 (6 lembar).
  4. Bagi anggota TNI/POLRI membawa surat izin dari atasan masing-masing.
  5. Dispensasi dari kantor kecamatan apabila hari pernikahan baru didaftarkan kurang dari 10 hari kerja.
  6. Fotokopi KTP.
  7. Fotokopi KK.
  8. Fotokopi Akta Kelahiran.

Dengan adanya akte nikah yang sah baik secara hukum negara maupun agama, untuk selanjutnya akan lebih mudah jika kamu dan pasangan memerlukan dokumen ini untuk keperluan lainnya. Sebagai salah satu dokumen yang penting, hindari penggunaan jasa calo dalam mengurus akte pernikahan ya Sahabat Sovia. Selain karena biaya yang kamu keluarkan akan lebih besar, segala sesuatu yang bersangkutan dengan data pribadi tidak seharusnya dipegang oleh orang asing. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pernikahan kamu dan dia tidak tercatat oleh negara, maka meskipun telah disahkan secara hukum agama, pernikahanmu tetap tidak akan dianggap sah oleh negara.

Nah kamu juga tidak perlu khawatir dalam mengurus surat-surat menikah untuk negara dan secara agama karena saat ini terdapat Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) yang dapat membantu urusan administrasi pernikahan secara online. kamu dapat membaca lebih lengkap mengenai hal tersebut di link berikut ini ya simkah.kemenag.go.id.

Oiya jika kamu terlalu sibuk mengurus dokumen dan belum sempat untuk survey toko cincin, kamu bisa cek koleksi cincin di Sovia Jewelry ya. Siapa tau jodoh cincinmu ada di koleksi kami 🙂



Bagikan artikel ini :


Yuk Cek Persyaratan dan Tata Cara Mengurus Dokumen Nikah Tahun 2020! | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Yuk Cek Persyaratan dan Tata Cara Mengurus Dokumen Nikah Tahun 2020!, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

20 + twenty =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR