Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » Sebenernya Cincin Kawin Itu Dipake Dijari Mana Sih? Yuk Simak!

Sebenernya Cincin Kawin Itu Dipake Dijari Mana Sih? Yuk Simak!

Diposting pada 12 September 2019 oleh Sovia Jewelry

Cincin kawin menjadi cincin sakral karena menjadi simbol ikatan cinta pernikahan dua insan manusia. Dibalik cincin sakral tersebut banyak orang mungkin penasaran dijari mana harus memakai cincin kawin. Ketika kamu bertanya hal tersebut akan ada banyak jawaban yang kamu dapatkan.

Nah, dari pada kamu bingung harus percaya yang mana, diartikel ini kamu akan mendapatkan penjelasan beberapa kepercayaan dijari mana harus menggunakan cincin kawin. Simak yuk!

1. Berdasarkan Sejarah Dan Kepercayaannya
Berdasarkan sejarah romawi kuno, cincin biasanya dipakai di jari manis tangan kiri, karena konon jari manis tersebut terhubung langsung ke jantung dan menandakan bahwa hati yang mempunyai cincin sudah terisi, atau bahasa kerennya “Vena Amoris”.

Perdebatan menyematkan cincin ini juga terjadi pada saat Gereja Katolik Eropa dan Gereja Inggris memutuskan hubungan satu sama lain. Mereka sendiri mempunyai filosofi yang berbeda satu sama lain. Gereja Inggris mengubah kebijakan untuk cincin disematkan di jari manis sebelah kanan berlawanan dengan Gereja Katolik Eropa.

Gereja Katolik Eropa meyakini bahwa cincin harus dipakai di jari manis sebelah kiri. Hal tersebut digambarkan dalam buku koleksi doa Gereja Anglikan/ Inggris yang berjudul The Book of Common Prayer yang bermakna rasa hormat seorang istri kepada suaminya.

Gereja Katolik memilih jari manis tangan kanan karena itu melambangkan kekuatan, sedangkan jika ditangan kiri dipercaya tidak dapat diandalkan dan tak mendatangkan kebahagiaan. Sementara dari segi kepercayaan Islam sendiri tidak dijelaskan dengan detail karena tidak ada anjuran untuk memakai cincin, tetapi untuk laki-laki muslim tidak dibenarkan untuk memakai bahan emas. Sama halnya dengan kepercayaan agama hindu dan budha.

2. Perbedaan Pemakaian Cincin di Berbagai Negara
Sampai sekarangpun masih terdapat perbedaan antar negara mengenai pemakaian cincin seperti cincin kawin. Misalnya di daerah Eropa dan sebagian Amerika Latin yaitu Norwegia, Denmark, Austria, Polandia, Bulgaria, Rusia, Portugal, Spanyol dan Belgia (di beberapa wilayah), Georgia, Serbia, Ukraina, Yunani, Latvia, Hungaria, Kolombia, Kuba , Peru, Venezuela yang masih mengadopsi budaya Gereja Katolik Eropa yang memakai cincin di jari manis tangan kanan.

Berbeda dengan Asia dan beberapa wilayah yang memilih menggunakan cincin kawin di kiri yaitu seperti negara Australia, Kanada, Botswana, Mesir, Irlandia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Italia, Swedia, Finlandia, Republik Ceko, Swiss, Rumania, Slovenia, Kroasia, dan sebagian besar negara Asia.

3. Di Indonesia
Berbeda dengan sejarah Eropa, di Indonesia sendiri kebanyakan pasangan memakai cincin kawin mereka di jari manis tangan kiri. Dimulai dengan mengumpamakan jika ibu jarimu itu melambangkan ibumu, sedangkan jari telunjuk itu ayahmu, jari tengah adalah kamu dan jari manis adalah pasangan kamu. Dan alasan yang paling logis karena kebanyakan orang bertangan kanan sehingga untuk aktifitas sehari-hari tangan kanan lebih sering digunakan sedangkan tangan kiri jarang digunakan, sehingga untuk menghindari cincin gampang tergores atau rusak orang-orang lebih memilih tangan kanan.

Untuk pemakaian sendiri kita lebih familiar dengan memakainya di tangan kiri. Tapi jika kamu memakai di tangan manapun itu hak kamu dan tidak ada yang salah maupun benar, Jadi tidak ada ketentuan khusus tentang itu.

Daripada memperdebakan dikiri atau dikanan mending kamu beli cincinnya dulu deh, di Sovia Jewelry banyak pilihan model dan bahan yang bisa kamu pake sesuai dengan yang kamu mau. Kamu bisa custom dengan model yang kamu pengen, selain itu kamu juga udah dapet full garansi satu tahun loh, yuk buruan diorder. Cek koleksi cincin Sovia Jewelry selengkapnya melalui instagram @soviajewelry.



Bagikan artikel ini :


Sebenernya Cincin Kawin Itu Dipake Dijari Mana Sih? Yuk Simak! | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : Sebenernya Cincin Kawin Itu Dipake Dijari Mana Sih? Yuk Simak!, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 + 4 =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR