Sovia Jewelry - Specialist Wedding Ring Custom

Buka setiap hari jam 09.00 s/d jam 17.00
Beranda » Info Terbaru » 5 Administrasi Penting Setelah Menikah Yang Harus Kamu Persiapkan

5 Administrasi Penting Setelah Menikah Yang Harus Kamu Persiapkan

Diposting pada 16 January 2020 oleh SoviaJewelry

Pernikahan adalah awal dari hidup baru, yang dulunya kamu adalah tanggung jawab orang tua menjadi punya tanggung jawab bersama pasangan. Kamu masih bisa tinggal dengan orang tua ataupun mertua, atau kamu lebih memilih tempat tinggal sendiri. Tak hanya sebelum menikah saja banyak dokumen yang perlu dilengkapi tetapi ternyata setelah menikah banyak juga administrasi yang harus diurus, apa saja yang harus diurus, yuk simak!

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Jika kamu sudah mempunyai kartu tanda penduduk (E-KTP), kamu harus mengganti statusmu dari single menjadi kawin. Apabila kamu ingin pindah mengikuti pasanganmu kamu juga harus mengganti alamat dari KTP saat ini. Syaratnya memang agak ribet, tapi kamu harus melakukannya
Persyaratannya adalah:

  • Fotokopi Akta Nikah/Akad Nikah
  • Surat keterangan perubahan KTP atau pindah rumah
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) lama, milik suami dan Istri
  • Fotokopi KTP Suami dan Istri
  • Pas Foto 3×4 (Berlatar biru untuk tahun lahir genap dan berlatar merah untuk tahun lahir ganjil)

Setelah persyaratan sudah siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Meminta surat keterangan perubahan KTP atau pindah rumah pada RT/RW setempat yang sudah ditandatangani dan di stempel
  2. Mengantar surat RT/RW ke kelurahan kemudian meminta surat pengantar ke kecamatan.
  3. Mengantar surat pengantar dari kecamatan ke Disdukcapil, proses telah selesai apabila kamu hanya merubah status di KTP, tapi jika kamu akan berpindah domisili bisa meminta surat keterangan pindah yang berlaku 1 bulan.
  4. Serahkan surat pengantar pindah ke RT/RW, kelurahan, kecamatan, disdukcapil alamat baru kamu dan pasangan.

2. Kartu Keluarga (KK)

Segera setelah menikah kamu harus mengurus surat untuk perpindahan Kartu Keluarga, karena Kartu Keluarga sangat penting jika kelak kamu dan pasangan memiliki momongan kamu harus menyediakan Kartu Keluarga terbaru. Untuk mengurus KK terbaru apa aja sih yang dibutuhkan:

  • Fotokopi akta nikah/surat nikah
  • Fotokopi KK lama
  • Fotokopi KTP
  • Surat Keterangan Pindah (bagi yang pindah)
  • Pas Foto 3×4 (berlatar merah/biru)

Setelah semua lengkap kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Meminta surat untuk pembuatan KK baru ke RT/RW
  2. Mengisi formulir pembuatan KK, ada dua jenis formulir yaitu formulir pemisah KK dan juga formulir KK baru
  3. Membawa kelengkapan surat ke kelurahan dan menunggu surat keterangan ambil dokumen.

3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Apabila kamu mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kamu bisa menggabungkannya dengan pasanganmu setelah menikah. Selain jatuhnya pajak menjadi lebih murah kamu juga lebih mudah membayar pajak tiap tahunnya. Caranya hanya dengan sang istri cukup datang ke kantor pajak atau kirimi dengan ekspedisi seperti POS Indonesia dan mengisi formulir untuk penghapusan NPWP.

Syaratnya adalah menggunakan fotokopi akta nikah, surat pernyataan tidak membuat perjanjian pemisahan harta dan penghasilan atau surat pernyataan tidak ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dengan suami, tinggal tunggu deh NPWP jadi.

4. BPJS Kesehatan

Jika KTP dan KK baru sudah jadi, kamu bisa langsung membuat kartu BPJS Kesehatan untuk membantu proses persalinan kelak di masa depan. Cara mengurusnya tinggal datang ke BPJS Kesehatan membawa fotokopi akta nikah dan pas foto terbaru kamu.

5. Mengurus Pergantian Nama

Yang terakhir ini kamu bisa mengurusnya jika diperlukan, karena biasanya ada sebagian orang yang mengubah nama belakangnya menjadi nama sang suami jadi perlu mengurus beberapa dokumen untuk penggantian nama di semua data kependudukan. Kamu bisa mengikuti syarat-syarat dibawah ini:

  • Akta Kelahiran
  • Akta Nikah
  • Kartu Keluarga
  • KTP lama

Apabila persyaratan sudah lengkap kamu juga harus memperbaharui semua identitas kamu seperti KTP, KK, BPJS, SIM, Bank, Paspor dan Ijazah kamu ya.

Mengurus beberapa administrasi pasca pernikahan akan sangat melelahkan karena kamu mengurusi beberapa dokumen sekaligus. Jangan lupa untuk membawa dokumen aslinya meskipun yang dibutuhkan hanya fotokopinya saja tapi kamu juga patut berjaga-jaga apabila kekurangan fotokopi dll. Mempersiapkan pernikahan dan dokumen-dokumen saja sudah menyita waktu, apalagi ditambah dengan kebutuhan lainnya seperti cincin kawin yang bisa bikin budget dan tenaga wara-wiri.

Daripada kamu bingung, kamu bisa pesan di Sovia Jewelry ya, karena bisa menyesuaikan budgetmu loh. Oh iya yang mau order via marketplace juga bisa loh tinggal search Sovia Jewelry di (Shopee, Bukalapak dan Olx) atau Sovia Silver di Tokopedia, jangan lupa di cek yah!



Bagikan artikel ini :


5 Administrasi Penting Setelah Menikah Yang Harus Kamu Persiapkan | Sovia Jewelry

___
Belum ada komentar untuk artikel : 5 Administrasi Penting Setelah Menikah Yang Harus Kamu Persiapkan, silakan sampaikan komentar di bawah ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

16 + 5 =

TEMUKAN KAMI DI SINI

SIDEBAR